Selasa, 03 November 2009

Makalah Sistem Informasi Perpustakaan


         TUGAS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
         STUDI KASUS SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

Disusun Oleh :

  •  Lucky Adros (07523190)
  • Brilliando Afiat Tamara (07523178)

  • Risky Reza Efri (07523216)

  • Awang Aswian Toha (07523265)

  • Hendri Rahmad Santosa (07523271)

  • Dimas Darukusumo (07523285)

  • Cahyo Sunarko (07523303)

  JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
 FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

  UNIVERSITAS ISLAM INDONESI
2009
 




BAB I
PENDAHULUAN


Di era globalisasi saat ini teknologi informasi berkembang semakin cepat. teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas bagi manusia. Sebagai contoh semakin berkembangnya sistem informasi sehingga memudahkan manusia untuk memperoleh informasi tersebut dimanapun ia berada. Jika dulu kita harus mendapatkan informasi di tempat dan waktu tertentu, maka sekarang tidak perlu seperti itu lagi. Kita bisa memperoleh informasi dimana saja dan kapan saja berkat adanya sistem informasi.
Sehingga saat ini para developer mengembangkan sistem informasi dengan interface dan penggunaan yang mudah dipahami bagi orang pada umumnya. Dulu sistem informasi hanya digunakan oleh orang – orang tertentu, namun sekarang masyarakat umum dapat menggunakan sistem informasi untuk mendapatkan informasi yang ia butuhkan. Hampir semua informasi sekarang ini dikemas dalam bentuk sistem informasi yang kemudian dikembangkan menjadi sistem informasi berbasis komputer atau disingkat dengan SIBK.
Seperti contoh sistem informasi perpustakaan, dimana para peminjam dapat mencari buku dengan menggunakan sistem informasi tersebut. Selain itu karyawan dapat dengan mudah memanajemen peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan. Masih banyak sistem informasi yang lainnya yaitu mulai dari sistem informasi toko, sistem informasi akademik, hingga sistem informasi rumah sakit dan sebagainya. Semua itu dilakukan agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitasnya.



BAB II
LANDASAN TEORI


Sistem informasi perpustakaan ini merupakan sistem informasi yang menyimpan berbagai hal tentang informasi-informasi yan terdapat dalam perpustakaan. Sistem informasi ini digunakan oleh para pengunjung, karyawan dan admin. Informasi-informasi itu mulai dari data buku, pengarang, peminjam dan lain-lain. Sehingga dalam prosesnya dapat membantu manajemen perpustakaan.
Dalam pembuatan sistem informasi perpustakaan dibutuhkan beberapa perangkat lunak, antara lain:
  1. XAMPP
XAMPP adalah sebuah paket web server yang gratis dan open source cross platform yang di dalamnya terdapat Apache HTTP Server, MySQL Database.
  1. PHP maker
PHPmaker adalah suatu tool yang berguna untuk meng-generate query atau proses-proses utama dalam pembentukan sistem informasi.



BAB III
TUTORIAL

Pertama kali kita mengaktifkan xampp terlebih dahulu untuk menjalankan database. Lalu kita buka mozilla firefox untuk membuka phpMyAdmin dengan cara mengetikkan “http ://localhost/phpmyadmin/”. Kemudian kita dapat membuat database melalui phpMyAdmin.



Pertama kali yang dilakukan adalah membuat database, kemudian ketik “perpustakaan_07-190,07-178,07-216,07-265,07-271,07-285,07-303 kemudian klik tombol create. Setelah itu kita buat table buku dan table pengarang di dalam database perpustakaan_07-190, 07-178, 07-216, 07-265, 07-271, 07-285, 07-303
           Kemudian muncul form untuk kita inputkan sesuai data yang kita inginkan. Pertama kali kita akan membuat tabel pengarang.


Pada gambar di atas menjelaskan tentang pembuatan tabel pengarang dengan mengisikan field kode_pengarang dengan type INT dan index PRIMARY, nama dengan type VARCHAR dan length diisikan 255, alamat dengan type VARCHAR dan length 255, email diisikan type VARCHAR dan length 255, dan tlp diisikan type VARCHAR dan length diisi 50 setelah semua diisikan klik tombol save. Klik table pengarang kemudian klik insert akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Kemudian masukan data-data seperti diatas setelah selesai diisikan klik tombol Go. Setelah klik tombol Go akan muncul gambar seperti dibawah ini yang merupakan query SQl nya.

Kemudian klik table buku dan klik insert. Kemudian isikan kembali data-data seperti dibawah. Form tersebut merupakan form untuk mengisi type dan valuenya. Setelah selesai diisi klik tombol Go.




Untuk melihat data di dalam table buku klik tombol Browse kemudian akan muncul gambar seperti diatas. Kemudian buka program PHP Maker akan muncul tampilan seperti dibawah, kita isikan Host/Server name dengan localhost, User diisi dengan root, dan Database pilih perpustakaan_07-190,07-178,07-216,07-265,07-271,07-285,07-303 kemudian klik tombol Connect.





maka akan muncul seperti gambar diatas, kita dapat melihat elemen-elemen apa saja yang ada dari table buku dan table pengarang . Setelah itu kita klik pada tool generate maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Kemudian kita klik pada combo box untuk menentukan dimana akan kita letakkan programnya.


kita letakkan pada folder xampp tepatnya di htdocnya. Setelah itu kita generate dengan meng’klik‘ tombol Generate

maka akan muncul seperti pada gambar di bawah berikut

kita tunggu proses nya



apabila pada saat proses muncul seperti gambar diatas kita pilih overwrite


apabila proses tersebut sudah selesai kemudian langkah selanjutnya kita buka browser mozilla dan kita ketikkan http://localhost/perpustakaan/ maka akan muncul halaman web seperti gambar di atas. Gambar tersebut merupakan hasil generate dari aplikasi PHPmaker


Setelah itu kita dapat menambah data-data yang di inginkan.


hasil dari penambahan data dapat kita lihat pada gambar diatas.

kita dapat juga memanipulasi data- data tersebut.

Kita dapat melakukan lookup data dengan membuka php maker dahulu, kemudian melakukan lookup data pada kode pengarang.

Selanjutnya kita save lalu klik pilihan icon generate 


Setelah itu kita memasukkan data pada folder yang kita tuju kemudian klik “generate” kembali.

lalu akan muncul suatu proses generate tabel seperti gambar di atas, dan tunggu sebentar lalu klik ok.





BAB IV
PENUTUP
Demikian sedikit tutorial penggunaan aplikasi PHPmaker dengan database Xampp yang dengan mudah dan cepat dalam mengenerate menjadi sebuah sistem informasi perpustakaan tanpa harus kita melakukan coding manual yang memakan waktu dan menguras tenaga serta pikiran yang banyak.
 

 








2 komentar: